Hi, Hubungi Kami

CUSTOMER SUPPORT

021 - 5982207

ppsdmhubud@dephub.go.id

PPSDMPU GELAR FINALISASI REVIU KURIKULUM PRODI TRNU PROGRAM SARJANA TERAPAN

image
Gina

Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara (PPSDMPU) menyelenggarakan kegiatan Finalisasi Reviu Kurikulum Program Studi Teknologi Rekayasa Navigasi Udara (TRNU) Program Sarjana Terapan pada tanggal 3 - 7 Oktober 2023 di Surabaya.

 

Hal ini dilakukan karena Prodi TRNU merupakan prodi dengan nomenklatur baru yang dibentuk guna menyesuaikan perubahan regulasi dan pemenuhan kebutuhan industri sehingga diharapkan lulusan prodi TRNU nantinya mampu menjawab tantangan regional dan internasional, serta memiliki kompetensi memadai untuk bersaing di masa yang akan datang.

 

Banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan atau revisi kurikulum, selain kondisi internal program studi, tuntutan kebutuhan masyarakat terhadap lulusan program studi dan sistem nilai yang berlaku dalam masyarakat harus menjadi dasar pengembangan dalam penyusunan kurikulum.

 

Banyaknya faktor tersebut membuat penyusunan ini perlu melibatkan banyak pihak antara lain Narasumber yang berasal dari Praktisi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Bapak Yudha Samodera, S.T., M.Eng, Sekretariat BPSDMP selaku pembina di lingkungan BPSDMP dan tentunya kelompok kerja yang berasal dari PPSDMPU, PPI Curug, Poltekbang Medan, Poltekbang Surabaya dan Poltekbang Makassar.

 

Dalam penyusunan kurikulum tersebut dilakukan pembahasan antara lain Pembahasan penyusunan Matriks Hubungan Bahan kajian dengan Mata Kuliah dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), Pembahasan Keterkaitan Bahan Kajian dengan Mata Kuliah, Pembahasan Matriks Hubungan Mata Kuliah dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), serta Pembahasan Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

 

Melalui pembahasan tersebut, Kurikulum Perguruan Tinggi diharapkan dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang unggul, berkarakter dan mempunyai nilai-nilai kebangsaan serta relevan dengan‚ÄĮpembangunan nasional, termasuk kebutuhan tenaga terdidik dan terampil di era revolusi industri 4.0 sehingga dapat langsung terserap di industri sesuai dengan kompetensinya.