Hi, Hubungi Kami

CUSTOMER SUPPORT

021 - 5982207

ppsdmhubud@dephub.go.id

PPSDMPU TINGKATKAN KETERAMPILAN PENGASUH TARUNA, INSTRUKTUR DAN DOSEN PERGURUAN TINGGI PENERBANGAN KEMENTERIAN PERHUBUNGAN

image
Gina

Sejalan dengan tugas Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara (PPSDMPU) untuk menghasilkan dan melakukan pengembangan SDM di bidang transportasi udara, diperlukan pembinaan kepada para pengasuh taruna, instruktur dan dosen agar mampu membentuk lulusan yang unggul, berdaya saing, prima, profesional dan beretika.

Mengingat bahwa Taruna di Lingkungan PPSDMPU saat ini termasuk ke dalam kelompok generasi zaman now yang memiliki perilaku yang berbeda dari generasi sebelumnya, maka pengasuh taruna, instruktur dan dosen sebagai pendidik dirasa perlu memiliki kemampuan dan keterampilan untuk dapat membangun komunikasi yang efektif dengan taruna atau peserta didik zaman now.

Karena alasan itu, PPSDMPU menggelar kegiatan Sosialisasi Peran Pengasuh Taruna dan Dosen Dalam Menghadapi Generasi Zaman Now pada Perguruan Tinggi di Lingkungan PPSDMPU pada tanggal 25 Februari 2021 melalui virtual maupun hadir secara langsung di Hotel Santika ICE BSD dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Dengan mengambil tema “ Heart to Heart Communication for Lecturer menjadi Lecturer Zaman Now para Era Industri 4.0”, hadir sebagai Pembicara pada acara ini yaitu Ibu Poppy Amalya yang merupakan seorang Psikolog, Micro Ekspression Expert dan Master of Communication.

Kepala PPSDMPU, Bapak Heri Sudarmaji menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka mencapai tujuan pengasuhan dan pendidikan yang menyesuaikan dengan kemajuan zaman. “Tujuan sosialisasi ini adalah untuk menyamakan persepsi serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengasuh, instruktur dan dosen dalam rangka mendukung efektivitas pencapain Tujuan Pengasuhan dan Tujuan Pendidikan agar bisa menyesuaikan dengan kemajuan zaman”. jelas Kepala PPSDMPU.

Untuk mencapai tujuan dalam menghasilkan Taruna yang berkualitas, tentunya harus dimulai dengan menambah bekal para pengasuh taruna, instruktur dan dosen terkait pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman di bidang pengasuhan terutama dalam hal kemampuan berkomunikasi.

Hal yang disampaikan pada sosialisasi ini bukan hanya materi pembahasan tetapi juga dilakukan simulasi praktik secara langsung yang diharapkan dapat menjadi bekal pengasuhan untuk para pengasuh taruna, instruktur dan dosen agar dapat mendekatkan diri dengan taruna zaman now dan berkomunikasi dengan humanis.

“Khususnya di bidang Pengasuhan saya mengharapkan kepada para Direktur Politeknik dan Akademi, untuk menerapkan Pendidikan karakter dengan pendekatan yang lebih humanis sehingga akan tertanam pada individu Taruna dan tercipta nilai saling Asah, Asih, dan Asuh antara hubungan Pengasuh - Dosen – Taruna – Civitas Akademika.” pesan Kepala PPSDMPU kepada Para Direktur Politeknik dan Akademi di lingkungan PPSDMPU.

Acara ini diikuti oleh lebih dari 380 peserta yang terdiri dari 7 (tujuh) Perguruan Tinggi di Lingkungan PPSDMPU antara lain Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya, Poltekbang Medan, Poltekbang Makassar, Poltekbang Jayapura, Poltekbang Palembang, dan Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi.